Deni Iskandar

10 Kesalahan Sosial Media Marketing Ini Perlu Anda Hindari

10 kesalahan dalam social media marketing

Menggunakan media sosial sebagai strategi pemasaran bisnis sudah tidak asing lagi pada era modern ini. Marketing melalui media sosial sudah banyak dilakukan oleh brand besar hingga perusahaan startup. Tetapi, menggunakan media sosial sebagai alat memperluas jaringan bisnis, tentu bukan tanpa tantangan juga. Beda platform media sosialnya, beda pula pendekatan, strategi, dan cara penggunaannya. Hindari 10 hal berikut jika Anda menggunakan media sosial untuk marketing bisnis Anda.

1. Salah Strategi Konten Marketing

Konten merupakan komponen terpenting dalam dunia digital marketing, sebab terjadinya interaksi antara brand dengan dijembatani oleh konten, yang mana interaksi itu kemudian menciptakan hubungan antara konsumen dan brand Anda. Terciptanya interaksi ini tentu akan meningkatkan potensi penjualan. Salah strategi dalam publikasi konten akan membuat calon konsumen menjadi kurang berminat untuk ingin tahu lebih lanjut tentang produk bisnis Anda. Hal ini pastinya juga akan menurunkan penjualan, bahkan tidak mengembalikan modal bisnis Anda.

2. Kurang Memanfaatkan Marketing Tool dari Perusahaan

Brand besar biasanya memiliki banyak platform untuk sebisa mungkin berinteraksi dengan konsumen produk mereka. Gunakan media seperti mailing list (e-mail), blog, situs web, infografis, dan data pendukung media sosial lainnya yang sekiranya dapat membujuk konsumen untuk membeli produk Anda. Digital marketing tools jelas akan berpengaruh besar jika Anda menggunakan sosial media untuk berbisnis.

3. Kurang Interaksi dengan Pengunjung

Tidak jarang beberapa pemilik akun bisnis di media sosial telat merespon bahkan tidak menanggapi sama sekali ketika ada konsumennya sekedar bertanya tentang produknya atau memberikan keluhannya. Calon konsumen Anda merupakan elemen yang wajib Anda utamakan jika Anda ingin menambah pemasukan. Pastikan Anda membalas setiap komentar yang mereka berikan, dan ini penting, jangan lupa untuk tetap bersikap bijak dan ramah ketika menanggapi komentar baik yang positif maupun negatif. Semakin cepat Anda merespon komentar, mereka akan semakin puas dengan pelayanan brand Anda.

4. Tidak Berkomitmen Jangka Panjang

Apabila Anda berkomitmen untuk menggunakan media sosial sebagai alat pemasaran bisnis, jadikan media sosial sebagai bagian yang PENTING di perusahaan Anda. Siapkan SDM yang dibutuhkan untuk mengelola akun resmi media sosial bisnis Anda. Mengapa? Banyak brand bisnis yang hanya semangat menggunakan media sosial bisnisnya pada awal-awal saja; mengunggah produk-produk mereka di media sosial, namun setelah itu tidak ada interaksi sama sekali dengan calon konsumennya. Dari sudut pandang seorang konsumen, terkadang hal ini sangat menyebalkan ketika ingin membeli sebuah barang (melalui instagram misalnya) namun tidak ada tanggapan dari penjual.

5. Penggunaan Media Sosial yang Tidak Tepat

Pastikan Anda mengunggah konten yang tepat dan konsisten untuk promosi bisnis di semua media sosial yang Anda gunakan. Setiap media sosial memiliki aturan mainnya sendiri. Misalnya, jika ingin mengunggah konten video di Instagram Story yang membatasi video hanya 15 detik, maka buatlah konten video InstaStory dengan durasi yang telah ditentukan. Sementara durasi video di Facebook tidak dibatasi. Begitu juga dengan ukuran konten berupa gambar, Instagram dan Facebook memiliki aturan berbeda. Anda bisa menentukan mana yang lebih sesuai dengan keinginan Anda.

6. Strategi Branding Tidak Konsisten

Strategi branding yang tidak konsisten di media sosial bisa menjatuhkan bisnis Anda jika tidak segera ditinjau ulang. Pendekatan yang tidak konsisten dapat membingungkan calon konsumen dalam mengenali brand Anda. Boleh saja menggunakan jenis konten bervariasi pada setiap media sosial, namun usahakan untuk tetap konsisten.

7. Konten yang Terlalu Kaku dan Serius

Siapa ‘sih, yang suka hal-hal yang terlalu kaku dan serius? Apalagi berbicara masalah branding bisnis Anda. Kebanyakan pengguna menggunakan media sosial untuk refreshing dan bersenang-senang. Hal ini dapat Anda manfaatkan dengan konten-konten menarik yang bisa membujuk mereka untuk membeli produk Anda. Sedikit humor dalam sebuah konten tidak akan membuat konsumen lari ‘kok. Bangunlah brand yang menarik, karena media sosial bukan cuma untuk berjualan saja, tapi juga untuk membangun brand yang atraktif dan tentunya, jika dikelola dengan baik, dalam jangka panjang bisa berdampak positif.

8. Memberikan Informasi yang Tidak Lengkap

Cantumkan informasi yang singkat, jelas, namun padat (lengkap) mengenai bisnis Anda di seluruh platform yang Anda gunakan untuk melakukan marketing. Ini juga penting, sebab, bagaimana calon konsumen dapat mengenal brand dan bisa berinteraksi dengan Anda jika mereka saja tidak tahu brand macam apa yang Anda miliki.

9. Kualitas Konten yang Buruk

Perhatikan kualitas konten yang akan Anda unggah di media sosial. Kuantitas adalah nomor dua. Mengapa? Mengunggah banyak konten yang kurang berkualitas dalam satu hari hanya akan membuat pengguna media sosial yang mengikuti akun bisnis Anda merasa bahwa itu konten spam; kecuali konten berupa katalog produk. Membuat konten berkualitas membutuhkan waktu, dan Anda mungkin akan kesulitan sendiri jika harus membuat banyak konten berkualitas dalam satu hari. Tips: untuk membuat konten berkualitas, cari tahu apa saja yang relevan dengan bisnis Anda yang sedang diminati para netizen untuk menarik perhatian mereka.

10. Kurang Update

Jangan lupa untuk rutin memperbarui tampilan media sosial bisnis Anda. Gantilah gambar cover dan foto profil secara berkala supaya pengikut akun media sosial Anda tidak bosan. Perhatikan juga intensitas unggahan konten. Unggah 2 – 3 konten setiap sehari atau dua hari sekali agar lebih efisien.

Setelah mengetahui 10 hal di atas, kini Anda bisa mulai menyusun strategi pemasaran yang tepat untuk memperluas jangkauan bisnis Anda dan menarik banyak konsumen dengan pendekatan yang sesuai. Hal yang perlu diingat adalah, pemasaran bisnis baik online maupun offline tentu membutuhkan SDM yang sesuai di bidangnya demi kesuksesan bisnis Anda.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent posts
Top Posts :

Dapatkan strategi bisnis & marketing untuk meningkatkan penjualan Anda.


Masukan Nama dan Email untuk terus mendapatkan update artikel terbaru.