Deni Iskandar

9 Langkah Membuat Headline untuk Meningkatkan Konversi dan Penjualan

Ada alasan mengapa marketers lebih mementingkan headline yang bagus dan calls-to-action (CTA) daripada yang lain. Ini karena headline yang bagus dan CTA berkontribusi lebih banyak pada konversi dan ini tidak dipikirkan oleh kebanyakan pebisnis.

Dalam beberapa kasus, seseorang melihat-lihat majalah di toko. Sebagian besar orang tidak langsung mengambil majalah sampai menemukan Headline menarik yang membuat mereka bertindak untuk mengambilnya.

Itu membuktikan bahwa, Headline terbaik di sampul majalah benar-benar menggerakkan konsumen secara fisik untuk mengambil produk dan membawanya ke kasir. Jika pada media online, headline yang bagus akan menggerakan calon pelanggan untuk klik.

Semua orang berkompetisi di “Headline” dan jika tidak memaksimalkan kemampuan, Anda harus bersusah payah untuk menarik perhatian target audiens Anda. Jadi, bagaimana cara menulis headline terbaik di industri Anda atau di industri apa pun? Apa resep rahasia yang bisa mengangkat headline biasa-biasa saja menjadi headline yang luar biasa?

Pentingnya Headline Yang Bagus Untuk Bisnis Online Anda

9 Langkah Membuat Headline untuk Meningkatkan Konversi dan Penjualan

Saya tidak hanya akan berbicara tentang postingan blog dalam artikel ini. Anda mungkin menulis headline untuk postingan di media sosial, undangan untuk mendaftar email newsletter, perkenalan web Anda, dan banyak lagi. Headline yang baik akan memaksa konsumen untuk terus membaca. Jika headline Anda tidak dapat meyakinkan orang untuk membaca, tamat sudah.

Headline yang membingungkan, membosankan, dan tidak jelas akan memberi tahu pembaca bahwa konten Anda yang lain akan sama saja kualitasnya. Anda ingin orang menganggap Anda memiliki barang, kemudian memenuhi janji sesuai yang ada pada headline . Jika Anda sering membuat headline yang bagus, Anda akan memiliki jumlah pembaca setia yang stabil dan, dengan sedikit keberuntungan, memiliki pelanggan.

Tentu saja, menulis headline yang bagus itu tidak mudah. Anda mungkin menulis 10 versi berbeda sebelum Anda memilih salah satu yang benar-benar cocok. Mari kita lihat beberapa headline atau headline terbaik untuk membantu Anda memulai.

9 Headline Terbaik untuk Mendapatkan Lebih Banyak Konversi dan Penjualan

Anda mungkin sudah mempunyai daftar tips untuk membuat headline sebelumnya. Ini bagus untuk menginspirasi kreativitas selama Anda menggunakannya untuk konten yang tepat. Mari kita lihat 9 contoh headline terbaik yang bisa Anda gunakan untuk bisnis online Anda dan membedah mengapa dan bagaimana mereka bekerja.

1. X Cara Terbaik untuk _______ Tanpa _______

  • 10 Cara Terbaik untuk Menjadi Kaya Tanpa Bekerja
  • 101 Cara Terbaik untuk Membentuk Otot Tanpa Harus Pergi ke Gym
  • 27 Cara Terbaik untuk Mendapatkan Investor Tanpa Proposal Membosankan

Jenis headline ini memangsa keinginan pembaca untuk mendapatkan sesuatu yang berharga, seperti uang atau badan yang lebih baik, tanpa harus menjalani hal yang mereka anggap berat.

Jika Anda membuat headline seperti ini pastikan isi kontennya memang benar dan Anda harus menyampaikan dengan jelas. Jika tidak, pembaca akan merasa tertipu.

Anda tidak harus menggunakan kata-kata yang tepat seperti contoh di atas. Banyak marketer berpikir bahwa mereka perlu menyalin formula headline kata demi kata. Jangan takut menjadi kreatif.

  • X Tools Terbaik untuk Menghitung Pengeluaran Bulanan Tanpa Pulpen dan Kertas
  • X Tindakan Terbaik Anda yang Bisa Anda Lakukan Tanpa Menghabiskan Uang
  • X Diet Sehat Tanpa Harus Kelaparan

2. Anda Kehabisan _______! Berikut Cara Memperbaikinya!

  • Anda Kehabisan Waktu! Inilah Cara Supaya Tidak Kelewatan!
  • Anda Kehabisan Uang! Apa yang Harus Anda Lakukan Selanjutnya?
  • Anda Kehabisan Energi! Berikut Cara Memperbaikinya!

Ini adalah salah satu headline terbaik untuk digunakan ketika Anda ingin memberikan saran menarik kepada pembaca. Anda tahu titik lemahnya: Tidak ada waktu! Tidak ada uang! Tidak ada energi! Anda ingin membantu orang memecahkan masalah mereka.

Berfokuslah pada titik lemah ini, yang menyebabkan para pembaca Anda tertekan. Buat lebih spesifik jika perlu, untuk memastikan Anda menjangkau target audiens Anda. Misalnya, Anda dapat mengatakan, “Anda kehabisan uang untuk modal bisnis Anda! Apa Yang Harus Anda Lakukan Selanjutnya?”

3. Kita Perlu Berbicara tentang _______. Ini _______.

  • Kita Perlu Bicara tentang AI! Inilah Perkembangan Game di Masa Depan.
  • Kita Perlu Bicara tentang Budget! Ini adalah Kejahatan yang Diperlukan.
  • Kita Perlu Bicara tentang Depresi! Ini Bisa Menyakiti Anda.

Seperti yang dapat Anda lihat dari contoh di atas, Anda bisa menjadi spesifik atau bahkan tidak jelas dengan headline semacam ini. Bukan jenis tidak jelas yang membuat pembaca bingung atau tidak tertarik, tetapi jenis yang menciptakan rasa ingin tahu.

Ada keseimbangan antara membuat janji di headline Anda dan memberi pembaca sebuah alasan untuk mengklik. Jika Anda terlalu spesifik, bahkan headline terbaik tidak akan mendapatkan klik sebab pembaca akan berpikir mereka tidak memiliki hal lain untuk dipelajari.

4. Anda Akan _______ jika Melewatkan Panduan untuk _______

  • Anda Akan Menyesal jika Melewatkan Panduan untuk Menulis headline Terbaik
  • Anda Akan Menyesal jika Anda Kehilangan Kesempatan untuk Mencoba Kursus Terbaru Kami
  • Anda Akan Kesepian jika Melewatkan Panduan untuk Merayakan Hari Valentine
  • Anda akan Kehilangan Paket Bundle Hijab Ini Jika Melewatkan Diskon Special Kami

Cobalah menggunakan beragam contoh headline terbaik untuk mengetahui bagaimana mereka bekerja dalam situasi yang berbeda. Anda dapat menggunakan rumus headline ini baik untuk topik serius maupun ringan selama Anda memberikan kata-kata yang tepat ketika dibutuhkan.

Intinya untuk trik satu ini, headline terbaik akan membiarkan orang tahu bahwa mereka akan kehilangan sesuatu yang luar biasa jika mereka tidak bertindak.

5. X (dari) _______ _______ Akan Anda Temukan Hari Ini

  • 10 Tulisan Blog Terbaik yang Akan Anda Baca Hari Ini
  • 10 Produk Terpenting yang Akan Anda Beli di Supermarket Hari Ini
  • 5 Produk Terbaik Dengan Harga Murah Yang Hanya Akan Anda Temukan Hari Ini

Dalam contoh kali ini, terdapat gabungan kata sifat dengan kata benda. Cobalah untuk memilih kata sifat yang tidak umum untuk membuat headline benar-benar menarik perhatian.

6. Coba _______ dan Dapatkan _______

  • Coba Pilates dan Dapatkan Six-Pack
  • Coba Susu Kedelai ini dan Dapatkan Diskon Untuk Susu Sapi
  • Coba Software Ini Selama 30 Hari dan Dapatkan Harga Special Jika Anda Membeli

Pikirkan jenis informasi utama ini sebagai tantangan atau undangan. Anda meminta pembaca untuk mencoba sesuatu yang baru, sesuatu yang mungkin mereka tolak dan mendapatkan sesuatu yang bermanfaat sebagai balasannya. Begitulah cara persuasi bekerja: meminta seseorang untuk bertindak dan beri tahu mereka apa yang akan mereka dapatkan dari itu.

Semakin mengejutkan hasilnya, semakin banyak klik yang Anda dapatkan. Jika Anda bisa berjanji untuk menunjukkan kepada seseorang bagaimana dua hal yang tampaknya tidak berhubungan menghasilkan hasil yang luar biasa, Anda akan memenangkan audiensi Anda dalam hitungan detik.

7. _______ Vs _______: Mana _______?

  • Mac Vs PC: Mana yang Lebih Cepat?
  • Jogging Vs Ngegym: Mana yang Lebih Mudah?
  • Anjing Vs Kucing: Mana Hewan Peliharaan Terbaik?

Beberapa headline terbaik menggunakan teknik perbandingan. Konsumen membuat keputusan pembelian dengan membandingkan satu produk dengan pesaingnya dan mereka memutuskan bagaimana menghabiskan waktu mereka dengan cara yang sama.

Pastikan Anda membandingkan hal-hal yang sangat penting bagi audiens Anda dan menyarankan manfaat yang akan mereka pedulikan. Dengan kata lain, frasa yang muncul setelah “yang mana” harus ditargetkan langsung ke titik kelemahan utama audiens Anda.

8. Apakah Anda Masih Melakukan _______ _______? Anda mungkin menyesalinya

  • Apakah Anda Masih Pakai Style Fashion Jadul? Anda mungkin menyesalinya
  • Apakah Anda Masih Mengendarai Mobil yang Sama Selama 10 Tahun? Anda mungkin menyesalinya
  • Apakah Anda Masih dalam Pernikahan yang Tidak Bahagia? Anda Akan Menyesalinya

Ada pilihan headline yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan Anda. Perhatikan perbedaan antara dua headline pertama dan yang terakhir. Itu lebih pasti. Kami memberi tahu audiens bahwa mereka akan menyesal tidak melakukan perubahan.

Ini mungkin tampak seperti headline yang menandakan seolah kiamat datang, namun penyusunan kata-katanya tidak harus seperti itu. Anda dapat menggunakannya untuk topik yang ringan dan serius, dan jangan ragu untuk mengubah bahasa:

  • Masih Pakai Style Fashion Jadul? Keluar Selama Anda Masih Bisa
  • Masih Menaiki Mobil yang Sama Selama 10 Tahun? Inilah yang Anda Lewatkan
  • Terjebak dalam Pernikahan yang Tidak Bahagia? Lihat Apa yang Menanti Anda di Sisi Lain

9. Inilah yang Tidak Anda Ketahui tentang _______ Itu Bisa _______

  • Inilah yang Tidak Anda Ketahui tentang Mobil Listrik yang Bisa Mengurangi Anggaran Anda
  • Inilah yang Tidak Anda Ketahui tentang SEO yang Dapat Merugikan Bisnis Anda
  • Inilah yang Tidak Anda Ketahui tentang Pelatihan Anjing yang Bisa Menyakiti Anjing Anda

Ini adalah salah satu headline terbaik untuk melibatkan rasa ingin tahu audiens Anda dan memengaruhi perubahan. Anda ingin audiens tahu bahwa, dengan tidak mendidik diri mereka sendiri, mereka menempatkan diri mereka dalam posisi berbahaya atau genting.

Cara Menulis Headline yang Efektif

Cara Menulis Headline yang Efektif

Anda telah melihat beberapa contoh headline di atas, tetapi bagaimana Anda menciptakan headline kreatif Anda sendiri? Dan bagaimana Anda bisa menyesuaikan rumus di atas untuk membuat headline Anda mendapat lebih banyak klik?

Yang paling penting untuk diingat tentang headline terbaik adalah bahwa mereka menginspirasi rasa ingin tahu. Konsumen merasa terdorong untuk mengklik karena mereka penasaran dengan yang ada di balik headline tersebut. Dengan kata lain, Anda sebaiknya mengunggah konten yang sesuai dengan headline Anda.

Anda bisa menulis headline terbaik di dunia, tetapi jika konten Anda menyebalkan, Anda akan mendapatkan masalah dengan pembaca Anda. Mereka tidak akan mempercayai Anda lagi, yang berarti Anda akan kehilangan pendapatan. Itulah mengapa Anda mungkin perlu kembali ke informasi utama setelah menulis konten. Apakah artikel atau bagian konten lainnya menjawab informasi utama secara keseluruhan? Jika tidak, tulis ulang.

Cara terbaik untuk menulis headline yang efektif adalah memulai dengan hasil yang Anda janjikan. Kulit yang lebih mulus? Lebih banyak traffic web? Taman yang indah? Lalu, ikat hasil itu menjadi fakta mengejutkan dari cerita atau konten. Dengan menggabungkan kedua konsep itu, Anda akan memicu rasa ingin tahu.

Di sisi lain, ikat hasil Anda ke perubahan perilaku atau sikap tertentu. Tunjukkan kepada orang-orang bahwa mereka dapat memperoleh apa yang mereka inginkan jika mereka melakukan X, Y, dan Z. Jika Anda mencapai titik lemah kebutuhan mereka, itu akan jauh lebih baik.

Checklist untuk membuat Headline yang Bagus

Cheklist untuk membuat Headline yang Bagus

Untuk memastikan Anda menulis headline terbaik, simak daftar pertanyaan yang cukup berguna ini:

  • Mulailah dengan janji. Apa yang Anda ingin pembaca ambil dari konten?
  • Tambahkan kata kerja dan kata sifat yang menarik. Bagian-bagian ini membuat headline Anda menonjol.
  • Ajukan pertanyaan atau buat perbandingan. Mendorong rasa ingin tahu dengan meninggalkan jawaban terbuka.
  • Alternatif lain, buat opini kontroversial. Pembaca tahu apa yang Anda pikirkan, tetapi ingin mempelajari proses pemikiran Anda di belakangnya.
  • Targetkan titik lemah. Mengetahui audiens Anda adalah kuncinya.
  • Mainkan bahasa. Kadang-kadang permainan kata-kata, misalnya, dapat memperjelas headline.

Buat Beberapa Jenis Headline Dalam Satu Topik Dan Lakukan Test

Dari daftar headline di atas, ada banyak cara untuk membuat headline. Anda dapat menciptakan misteri, menawarkan perbandingan, menjelaskan teori kontroversial, atau mengajukan pertanyaan. Selain itu, format headline Anda dapat berubah.

Anda mungkin memiliki pernyataan, pertanyaan, atau kombinasi keduanya. Tidak ada aturan ketat. Tugas Anda adalah “menyinggung” minat pembaca dan membuat mereka mengklik. Itulah mengapa melakukan test sangat penting untuk mengetahui headline mana yang paling bagus. Anda tidak pernah tahu apa yang paling ditanggapi oleh audiens Anda.

Cara Test Headline

Anda perlu setidaknya dua headline untuk diuji. Salah satunya adalah kontrol dan yang lainnya adalah variasi. Anda mungkin hanya mengubah satu kata di antara keduanya atau menggunakan versi yang benar-benar berbeda dalam variasi yang sama. Terserah Anda.

Kesimpulan

Headline terbaik meyakinkan pembaca untuk mengklik. Tentu saja, Anda harus menindaklanjutinya dengan isi konten yang luar biasa, tetapi itu adalah topik yang lain. Anda dapat menulis headline terlepas dari pengalaman Anda. Beberapa penulis lebih suka listicles (artikel berupa daftar). Lainnya suka menulis instruksi langkah demi langkah. Namun, Anda selalu dapat memformulasi ulang headline itu sendiri sehingga mencerminkan isi konten aslinya.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent posts
Top Posts :

Dapatkan strategi bisnis & marketing untuk meningkatkan penjualan Anda.


Masukan Nama dan Email untuk terus mendapatkan update artikel terbaru.